Tutorial Smudge Painting Photoshop

11/02/2015
Thank's gan udah pada mampir disini,Setelah sebelumnya saya Udah nulis Tutorial Vexel Untuk Pemula, kali ini Mr Misterius pengen share tutorial sederhana mengedit foto dengan menggunakan tool smudge, atau biasa disebut smudge painting, sebenarnya tutor ini saya buat atas permintaan temen2 yang pada nginbox minta tutorial smudge sama saya, tapi disamping itu tutor ini saya buat juga sebagai bahan belajar buat diri saya sendiri ,jadi lebih tepatnya tujuan tutor ini saya buat agar kita bisa sama-sama belajar. bagi kalian yang belum tau hasil smudge painting kaya apa, ini saya kasih contohnya terlebih dahulu.

Nah sebelum dilanjut ke tahap Editing, saya harap kalian harus memaklumi apabila dalam tutor ini terdapat banyak kekurangan,dan mungkin kata-katanya sulit dimengerti,yapz..mohon diambil positivnya aja ya.. 
Ok, mari kita mulai memainkan photoshop kita…pertama kita buka Aplikasi photoshop,trus buka gambar yang mau di smudge ,klik file> open > lalu pilih gambarnya Setelah gambar tebuka tampilan akan seperti ini


Nah disini kalian bebas mau pake foto siapapun,,tapi usahakan pake foto yang resolusinya gede biar hasilnya makin bagus.,setelah foto terbuka,,kita duplikat layernya (tekan ctrl+J) agar nantinya terdapat dua layer dan layer yang baru-lah yang akan kita smudge,ini tampilan layer setelah di duplikat.


Lanjut ke tahap berikutnya yaitu kita klik layer hasil duplikat lalu masuk menu filter>sharpen>smart sharpen,ganti nilai amountnya menjadi 99% dan radius 12,0 ( Perlu di ingat untuk setiap foto nilainya gak harus sama seperti yang saya sebutkan,disesuaikan aja sama kontras foto itu sendiri ) ,sebagai panduannya,,kita lihat aja previewnya kira2 sampai fotonya terlihat seperti ini.


Nah setelah itu kita masuk pada inti editing kita yang sesungguhnya yaitu menggosok bagian wajah dan seluruh bagian foto menggunakan smudge tool,ops,,sebelum menggosok ada beberapa pengaturan strength dan brushnya terlebih dahulu.


Atur strenghtnya  antara 28 - 40 % dan beri centang  simple all layer seperti gambar di bawah ini,


Setelah itu pilih brus untuk menggosok bagian wajah.,disini saya menggunaka soft round pressure opacity brush.


Gosok perlahan-lahan bagian wajah menggunakan smudge tool dengan beberapa pengaturan seperti di atas.


Perlu di ingat, yang di gosok itu layer hasil duplikat yang telah di smart sharpen yah, bukan layer /foto asli. lakukan gosokan perlahan-lahan sampai seluruh bagian foto ter-smudge, menggosoknya mengikuti alur wajah supaya hasilnya mirip dengan foto aslinya (untuk background bisa dismudge langsung, bisa juga di smudge secara terpisah /pake layer baru), disini saya mengolah backgrounya secara terpisah,jadi saya hanya perlu menggosok wajah dan bagian jilbab terlebih dahulu, setelah penggosokan selesai, hasilnya akan seperti ini.


Sampai di tahap ini kita tinggal membuat backgrounnya,,seleksi dulu fotonya dengan menggunakan pen tool ,atau bisa juga menggunakan polygonal lasso tool,,jika sudah terseleksi kita tinggal menggosok background dengan menggunakan sampled brush 13 58,yang belum punya brushnya bisa download dulu di google.


Tampilan gosokan background akan seperti ini , ( bagian foto tidak ikut terkena gosokan karena sudah di seleksi.)


Selesai menggosok backgroun,sebagai variasi kita beri warna hitam dan putih menggunakan pencil tool dan hasilnya seperti ini.


Gosok lagi background dengan smudge


Hasil akhirnya akan seperti ini..



Download PhotoShop Cs 6 FreeDownload Disini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »